Rabu, 25 September 2013

Cara Belajar Membaca, Pelajaran #1 :Tips Cara Membaca Dasar





Pada pertemuan kali ini, kami akan sharing bagaimana mengajari anak belajar membaca tingkat dasar. Mari kita simak sama - sama...

1.  Ajarkan anak untuk mengeja langsung tiap suku kata. Contoh mengeja kata “mama” ma + ma = mama. Hindari mengeja per huruf contoh m + a = ma, m + a = ma …mama.
2.    Ada beberapa bunyi huruf mati (konsonan) yang jarang digunakan dalam kosakata bahasa Indonesia yakni, q,v,x dan z demikian pula ny,sy,sw, dan kh. Untuk membaca dasar huruf – huruf tersebut tidak perlu diajarkan dulu.
3.  Apabila menggunakan ‘buku panduan membaca’ usaha anak dapat menguasai betul masing – masing halaman jangan berpindah ke halaman selanjutnya bila dirasa anak belum sepenuhnya menguasai.
4.   Orangtua dapat memberikan contoh kata yang lain sesuai dengan materi pada halaman yang sedang dipelajari untuk mempermudah mengingat (red:jembatan keledai). Ajarkan pula menulis huruf sesuai materi pada halaman tersebut agar materi dengan cepat diserap dan menghindari kejenuhan belajar anak.
Apabila cara dasar ini diterapkan dengan betul, diharapkan anak dapat membaca lancar membaca dengan baik dalam waktu kurang dari 60 hari. insyaALLAH. Tunggu tips membaca pada pelajaran berikutnya…..(RCF)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo Bapak Ibu yang ingin sharing tentang pendidikan anak, bisa lewat blog ini atau email:rumahfaqih@gmail.com