Minggu, 15 Desember 2013

Mengapa kilat berbentuk seperti ranting?



Ketika hujan turun, Ding Dong dan Pinggu sedang berteduh dibawah pohon.
Ding Dong  : “ Kamu nggak merasa aneh, ya ? mengapa kilat berbentuk seperti ranting pohon? bukannya lebih mudah jika langsung lurus saja ?"

Pinggu           : “ Memangnya apa yang aneh ?”
“ Kamu tau, nggak ? saat kilat menyambar akan terbentuk aliran listrik yang besar”
Ding Dong    :” Tentu saja tau”
Pinggu          : “ Makanya! Yang dimaksud kilat adalah aliran listrik yang dilepaskan oleh lapisan atmosfer menuju bumi, tapi di dalam lapisan atmosfer ada hambatan”
“Sehingga kilat akan mencari tempat yang hambatannya paling sedikit untuk dilewati. Inilah alasan mengapa kilat berbentuk seperti ranting pohon!”
Ding Dong    :” Oh! Pantas saja dalam komik, kilat selalu digambar berbentuk huruf Z”
“Kita berteduh disini,apa nggak disambar petir?”
Pinggu           :” He he he, jangan khawatir!”
“Berteduh di bawah pohon sebesar ini, tidak akan disambar petir!”
Ding Dong    :” Benarkah? Syukurlah!”
Tiba – tiba terdengar suara ledakan DHUARRR, keduanya jadi gosong terkena ledakan kilat..nah lho ati – ati kalau ujan – ujan berteduh dibawah pohon.
Mencari hambatan terkecil
Kilat merupakan gejala pelepasan energy listrik di atmosfir. Perbedaan timbunan muatan listrik membangkitkan kilatan petir dalam awan, antara gumpalan awan yang satu dengan yang lain atau antara awan dengan permukaan bumi. Pada saat ini tekanan listrik antara lapisan awan dan permukaan tanah akan mencapai ratusan juta volt. Saat listrik melewati lapisan atmosfir akan mencapai tempat yang hambatannya paling sedikit untuk dilewati. Ini sebabnya sebagian besar kilat memiliki bentuk yang tidak beraturan, bukannya garis lurus. (3 Menit Belajar Pengetahuan Umum/Kim Seok-Ho dan Kim Seok-Cheon)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo Bapak Ibu yang ingin sharing tentang pendidikan anak, bisa lewat blog ini atau email:rumahfaqih@gmail.com